Kamis, 04 Agustus 2011

Kompos Sampah Kota “Faperta UIR” Alternatif Media Tanam


By :
Nurwansyah

1. Tanah Liat
            Merupakan tanah yang berasal dari endapan pegunungan, tanah liat adalah lapisan tanah yang mempunyai tekstur paling halus,sifatnya lengket, daya pegang air cukup kuat  (kayak ceker elang). Kalau dicampur sama pasir dan tanah humus cocok banget untuk media Persemaian Cangkok, Bonsai, dan Suplir.
2. Pasir
            Nah, kalau pasir pas banget jadi media tanaman Hidroponik sebagai ganti tanah media subtitusilah gitu.
3. Serbuk Gergaji
            Biasanya sich, dibuang gitu-gitu aja yea paling kenceng dibakar di tempat sampah. Padahal serbuk gergaji bisaloh jadi media tanam tanaman kayak anggrek atau jamur tiram. Lagian serbuk gerjagi awet gak mudah lapuk atau terurai gitu. Soalnya serbuk gergaji mengadung zat kimia seperti Lignin, Selulosa dan Hemiselulosa.
4.  Kertas
            Kertas bisa dijadiin media tanam jamur tiram yea kalo susah untuk cari serbuk gergaji, kan sama-sama berasal dari kayu. Yea gak? So, jangan dibuang yea kalau punya tumpukan buku dirumah, tapi harus disusun rapi biar gak jadi sarang nyamuk atau kecoak. Lumayan, bisa jadi bisnis kecil-kecilan
5. Arang Kayu
            Ini juga keren loh jadi medai anggrek, biasanya sich arang cuma jadi bahan untuk bikin sate, apalagi arang kelapa cucok banget untuk bara sate.
6.  Alang-Alang
            Mmm, semua petani pasti kenal ma yang atu ni... sibiang kerok masalah di lahan pertanian. Tapi biarpun gitu, bisa juga dijadiin media  tanam Jamur Merang. Alang-alang ternyata banyak mengadung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan Jamur Merang. Wah wah wah... bisa ni jadi duit...
7. Kompos Sampah Kota “Faperta UIR”
            Kalau yang ini kebanggaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, produk yang satu ini asli buatan tangan-tangan mahasiswa-mahasiswi Faperta UIR. Ditanganin langsung sama dosen ahli Ir.Sulhaswardi,MP (lagi ngambil S3 di Pandang. Dosen yang satu ini jago banget soal perlindungan tanaman, dia juga dosen pembimbing aku loh) yang dibantu assistennya yang pinter Novra Villoga,SP.
            Hubungannya sama Kompos Sampah Kota ini udah jelas, selain punya kandungan unsur hara yang dibutuhin tanaman juga memiliki kandungan mikroorganisme baik bagi tanaman yang bisa meminimalkan serangan organisme pengganggu tanaman. Kan ditangani langsung sama ahlinya. Kandungan unsur hara kompos sampah kota “Faperta UIR” berdasarkan hasil pengujian yang dilakuin di Laboraturium Bioteknologi UIR  (2008) sebagai berikut :
Nitrogen : 1.19%
            Fospor : 0.1%
                        Kalium : 12.47%
                                    C/N Ratio : 19.10%
                                                pH : 8.4

            Kompos Sampah Kota yang diproduksi Faperta UIR ini, selain jadi pupuk organik juga bisa jadi media tanam untuk tanaman bunga kayak Aglomenia, trus bisa jadi media cangkok, juga persemaian bibit kayak cabe, dll.
            Kompos Sampah Kota “Faperta UIR” merupakan pupuk organik hasil dekomposisi sampah kota dengan campuran bahan-bahan organik lainnya yang berupa sisa-sisa tanaman (jagung dan kacang hijau, tanah, kedelai), pupuk kandang ayam serta bioaktivator jenis Stardek dan EM-4 yang diformulasikan untuk menghasilkan bahan organik yang memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tanah maupun tanaman baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?