Minggu, 29 Januari 2012

MAKNA, PERAN DAN FUNGSI TATA PENTAS PERTUNJUKAN SENI



Oleh
Nurwansyah

1. Makna Tata Pentas Pertunjukan Seni
Tata pentas bisa disebut juga dengan scenery atau pemandangan latar belakang (Background) tempat memainkan lakon. Tata pentas dalam pengertian luas adalah suasana seputar gerak laku di atas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata yang mengitari pemeran dalam pementasan. Tata pentas dalam pengertian teknik terbatas yaitu benda yang membentuk suatu latar belakang fisik dan memberi batas lingkungan gerak laku. Dengan mengacu pada definisi di atas dapat ditarik suatu pengertian bahwa tata pentas adalah semua latar belakang dan benda-benda yang ada dipanggung guna menunjang seorang pemeran memainkan lakon.
Pentas menurut Pramana Padmodarmaya ialah tempat pertunjukan dengan pertunjukan kesenian yang menggunakan manusia (pemeran) sebagai media utama Selain istilah pentas kita mengenal istilah panggung. Panggung menurut Purwadarminta ialah lantai yang bertiang atau rumah yang tinggi atau lantai yang berbeda ketinggiannya untuk bermain sandiwara, balkon atau podium. Dalam seni pertunjukan panggung dikenal dengan istilah Stage melingkupi pengertian seluruh panggung. Jika panggung merupakan tempat yang tinggi agar karya seni yang diperagakan diatasnya dapat terlihat oleh penonton, maka pentas juga merupakan suatu ketinggian yang dapat membentuk dekorasi, ruang tamu, kamar belajar, rumah adat dan sebagainya. Jadi beda panggung dengan pentas ialah pentas dapat berada diatas panggung atau dapat pula di arena atau lapangan.
Dari pengertian di atas dapat dijelaskan, pentas merupakan bagian dari panggung yaitu suatu tempat yang ditinggikan yang berisi dekorasi dan penonton dapat jelas melihat. Dalam istilah sehari-hari sering disebut dengan panggung pementasan, dan apabila suatu seni pertunjukan dipergelarkan tanpa menggunakan panggung maka disebut arena pementasan. Sehingga pementasan dapat diadakan diarena atau lapangan.
2. Peran Dan Fungsi Tata Pentas Pertunjukan Seni
            Dalam sebuah pertunjukan seni tata pentas memegang peranan yang sangat penting. Karena pengaturan pentas akan memberikan efek positif kepada para lakon yang mempertontonkan pertunjukan seni dan penonton yang menyaksikan pertunjukan seni tersebut. Adapun peran tata pentas dalam seni pertunjukan adalah sebagai media dalam sebuah pertunjukan seni.
Sedangkan fungsi tata pentas pertuntunjukan seni yakni :
1.      Sebagai tempat para lakon dalam memainkan pertunjukan seni
2.      Sebagai tempat untuk para lakon maupun official dalam mempersiapkan setiap sesi dalam pertunjukan seni
3.      Lokatif yaitu sebagai tempat untuk memberikan ruang gerak yang leluasa kepada para lakon atau para pemaian dalam melakukan pertunjukan seni. Tata panggung harus disesuaikan dengan kebutuhan dan gerak-gerik lakon yang harus diatur atau ditata dengan sebaik-baiknya.
4.      Ekspresif yaitu sebagai tempat untuk mengatur dekorasi panggung atau pentas (background) sesuai dengan pertunjukan seni yang akan diadakan atau untuk memperkuat, memberi penjelasan dan mengambarkan keadaan sekitar serta menciptakan suasana sesuai dengan gerak laku pertunjukan seni tersebut.
5.      Untuk tempat mengatur tata pencahayaan, sound system dan ornamen-ornamen atau alat-alat lain yang dibutuhkan dalam pertunujan seni sehingga dapat dimengerti dan menarik dilihat penonton meskipun dari jarak jauh








Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?