Senin, 19 September 2011

TRIK MEMPERKIRAKAN RASA BUAH-BUAHAN

 
By : Nurwansyah

Buah adalah salah satu komponen  makanan 4 sehat 5 sempurna yang harus kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita sehari-hari. Buah-buah (Fruits) merupakan produk pertanian (Hortikultura) yang memang menyajikan kesegaran, kelezatan, kesehatan dan keindahan. Mau tau?
Dari segi kesegaran misalnya neh, waktu kita haus atau sedang capek-capeknya nih langsung deh keingetan jus jeruk atau gak es jeruk. Wuuuiiih seger betul. Hehehe
Kelezatan? Udah jelas donk lezat makan-makanan enak pa lagi gratiiis wuiissstt makin lezat aja tuh buah
Nah, kalau kesehatan udah pada tau lah yea? Buah-buahan segar baik untuk dikonsumsi langsung maupun tidak  langsung terserah deh. Buah-buah mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh kita. Sebut aja vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak serta temen-temennya.
Sementara dalam bidang keindahan buah-buahan memberikan suatu pemandangan unik dan indah yang dapat memberikan sensasi rileks buah otak kita. Misalnya taman wisata kebun jeruk, dll yea khan?
Untuk urusan kesegaran, kelezatan dan kesehatan sangat dipengaruhi oleh kualitas buah itu sendiri salah satunya ialah dari segi RASA. Knp? Karena lidah kita ketika memakan sesuatu buka bentuk dan warna yang dinilai melainkan rasa, enak atau tidak, manis atau tidak. Oleh karena itu, rasa merupakan salah satu bahan penilaian kualitas buah.
            Taukah anda, bahwa rasa buah bisa kita perkirakan dan duga-duga atau menilai rasa buah dari kulit buah terutama warna kulit buah tidak hanya untuk melihat buah sudah masak atau belum dan kapan waktu yang cocok untuk melakukan pemanenan buah itu sendiri dan aroma buah (wanginya). Mau tau triknya?
1.      Pilihlah Buah yang berwarna gelap pekat atau kusam (tapi keliatan masih segar) menunjukkan bahwa rasa buah tidak mengecewakan dan satu lagi, itu menandakan buah tidak diperam.
2.      Jangan pilih Buah yang warna kulitnya cerah, mengkilat atau terang pada umumnya rasanya kurang manis, menggunakan zat kimia tinggi (APEL) dan dipanen dalam keadaan setengah masak serta warna daging buah kurang sempurna (semangka misalnya).
3.      Pilihlah  buah yang warna kulitnya (gelap) seragam disemua bagian buah. Biasanya kulit buah yang luka warnanya akan berbeda dengan warna kulit buah yang tidak luka. Bedakanlah!!! Dan rasanya juga manis dan segar
4.      Dari aroma buah, pilihlah buah yang aromanya harum dan tajam. Caranya dengan mencium buah tersebut dari dekat (menempelkann buah dengan hidung). Contohnya (durian, mangga).
5.      Kalau masih kurang yakin, coba aja makan hehehee......

Demikian tips dari saya,, selamat mempraktekkan

Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?