Rabu, 07 Maret 2012

solusi



by :
Nurwansyah
Ada seorang anak yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi namun tidak didunkung oleh faktor perekonomian keluarga yang kurang mampu, lalu bagaimana cara mengatasinya?
Kecerdasan (IQ) yang tinggi merupakan sebuah anugrah yang harus disyukuri dan dikembangkan guna kepentingan umum. Namun jika pengembangan kecerdasan tersebut tidak di dukung dengan faktor ekonomi yang baik maka hal ini akan terlihat dan terkesan tidak mustahil. Karena keberhasilan seorang anak yang memiliki kecerdasan tinggi juga harus diimbangi dengan kemampuan ekonomi yang boleh dikatakan memadai. Ada sebuah istilah yang menyebutkan bahwa :
“ Benih yang baik untuk perbanyakan adalah benih yang berukuran sedang bukan benih yang berukuran besar ataupun kecil”.
Istilah ini dapat kita jabarkan bahwa seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi (IQ tinggi) yang akan berhasil adalah orang yang berasal dari golongan menengah bukan dari golongan atas atau bawah. Hal ini mengidentifikasikan dalam pengembangan kecerdasan harus diimbangi dengan perekonomian yang memadai bukan berlebih dan juga kurang.
            Jika kondisi kecerdasan tinggi (IQ tinggi) namun tidak diimbangi dengan perekonomian orang tua yang tidak mendukung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau diupayakan sehingga pendidikan dan pengembangan kecerdasan anak tetap bisa berjalan. Hal-hal tersebut adalah :
1.      Mengajukan permohonan bea siswa kepada pemerintah kab/kota. Cara ini menjadi opsi pertama dalam pemecahan permasalahan dalam pengembangan kecerdasan dari golongan ekonomi bawah. Selain itu, setiap tahun pemerintah daerah baik kab/kota bahkan provinsi memberikan bea siswa kepada anak-anak atau peserta didik baik yang memiliki kecerdasan rendah maupun tinggi dari golongan tidak mampu. Kita juga bisa mengajukan permohonan bea siswa melalu perusahaan-perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah. Karena tidak sedikit perusahaan baik miliki swasta maupun pemerintah yang melakukan dan memberikan progra bea siswa terutama pada anak yang memiliki kecerdasan tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu.
2.      Jika kita memiliki kecerdasan tinggi namun dari ekonomi rendah bisa bersekolah / kuliah sambil berkerja namun tidak full time melainkan part time atau berkeja ditempat yang pekerjaannya tidak mengganggu aktivitas pendidikan kita. Misal bekerja penjaga warnet, toko dll yang waktunya tidak penuh seharian kerja
3.      Hal bisa dilakukan berikutnya yaitu : mengajar privat. Dengan kecerdasan si anak yang tinggi (IQ tinggi) ia bisa membuka atau mengajar les privat dari rumah ke rumah bagi anak-anak yang memiliki perekonomin cukup namun tidak diimbangi dengan kecerdasan yang cukup. Dimasa sekarang ini, kegiatan mengajar privat merupakan sebuah peluang yang menjanjikan karena pada umumnya masyarkat yang memiliki tingkat ekonomi tinggi lebih cendrung memerikan anak-anak mereka pelajaran khusus atau les privat untuk menambah ilmu dan meningkatkan kecerdasan anak mereka.

Cara diatas merupakan beberapa upaya dan usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah jika seoarang anak memiliki kecerdasan tinggi namun ekonomi keluarga tidak mendukung. Walaupun demikian masih banyak usaha yang dapat dilakukan tetapi menurut saya ketiga alternatif diatas merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan dari pada usaha yang lainnya.      

Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?