Jumat, 20 Mei 2011

mengapai kesuksesan


By
Nurwansyah

            Sukses adalah masalah.  Ya!! Setidaknya itulah defenisi sementara. Kenapa sukses bisa saya defenisiskan sebagai masalah? Nah ini deskripsinya..hehehehehe,, macam ahli betoel kawan nie!!!
            Sebelum lebih jauh membahas deskripsi sukses alangkah baiknya kita bahas dulu apa itu  masalah. Masalah menurut prof. Maruli Tua Sitompul (gelar buat kawan gue yang master logika). Masalah adalah segala sesuatu yang membuat kita bingung, resah, gelisah dan tentunya segala sesuatu yang tidak sesuai dengan pengharapan kita. Lalu koq bisa timbul masalah?
            Nah, masalah sebetulnya bukan timbul tapi kita yang membuatnya ada dipermukaan. Kenapa? Sadar diri aja lah yea!!
Berapa banyak permintaan kita, berapa banyak cita-cita kita, berapa banyak urusan kita? Lalu kalau itu semua membebani kita disebut masalah bukan?
            Sukses juga seperti itu, karena sukses adalah bagian dari masalah. Tapi masalah sukses lain, dia punya karakteristik terperinci yang jauh lebih ribet dari yang kita pikirin. Masalah sukses biasanya terletak pada pilihan. Karena sukses juga merupakan pilihan.
Permasalahannya adalah sanggupakan kita memilih diantara banyak pilihan? Saran gue sih, pilih yang bisa membuat hidup dan hati anda tentram.
            Sukses itu kan gak diukur dari berapa banyak uang yang kita punya, gak bisa dihitung dari berapa banyak kendaraan yang kita parkir di garasi ataupun merek dan modelnya, bahkan sukses juga gak bisa diukur dari jabatan/pangkat yang kita gantung dikantong sebelah kiri atau diatas meja. Karna sukses itu ukurannya fiktif bahasa gaulnya bilang ukuran sukses itu kualitatif. Tapi yang jelas, sukses itu diukur dari seberapa jauh kita bisa mengatasi masalah yang muncul dihadapan kita.
            Bisa jadi sukses karena mengatasi masalah yang enteng-enteng aja sampai masalah yang lumayan menurut orang-orang yang dirudung masalah terus tapi gak tau cara ngatasinya dan mau sukses tapi gak ngerti apa yang dimaksud sukses.
            Misal : kita aja deh .
 Pas lagi ngadepin ujian akhir nasional bahasa dinas pendidikan bilang UN, menurut kita soal ujian itu masalah ato nggak?
            Terus klo kita lulus UN (ujian nasional) itu artinya kita bisa mengatasi masalah apa kagak?
Nah, itu termasuk sukses kan?
Simpelkan.. jadi gak perlu muluk-muluk bercita-cita jadi orang sukses klo yang dibayangin cuman punya uang banyak, punya mobil mewah terus berjejer digarasi kayak showroom, rumah bagus, jabatan tinggi atau gaji tinggi. Hmmm, cukup lah kita bercita-cita sukses yang simpel-simpel aja, mengatasi semua problem hidup yang kian kompleks. Memang pada akhirnya yea uang banyak, kendaraan beserak digarasi, rumah bagus, jabatan tinggi, gaji besar juga yang didapat. Tapi itu bukan sukses melainkan imbalan karena kita udah bisa ngatasi masalah.
            Nah, sekarang giliran gue ngasih tips yang bisa bikin kamu-kamu sukses (ini tips diadaptasi dari yang udah –udah terjadi hehehe  kata mbah saya sich entah bener entah nggak saya juga gak tau tapi boleh dicoba)
1.   Baca doa sebelum melakukan aktivitas. Tentunya menurut agama kita masing-masing, caranya juga terserah gimana enaknya di loe aja
2.   Makan-makanan yang sehat dan bergizi seimbang (lima sehat enam sampoerna gitu lah ini kata temen-temen gue xixixixi) kan sekarang problem lebih komplek jadi udah gak ngetrend lagi 4 sehat 5 sempurna
3.      Bangun usahain pagi-pagi terus olah raga
4.      Ibadah juga jangan ampe terjadi setahun dua kali kayak sholat idul fitri sama indul adha aja.
5.     Biasakan bertanya dulu lalu berpikir baru deh buat keputusan jangan langsung nyerocos aja ambil keputusan bahasa Jermannya bilang “ ojo sekarepe udel mua dew”"
6.      Sabar dan harus bisa nerima kenyataan, kejujuran orang lain biar gak ada lagi KKN
7.    Optimis tinggi tentunya diimbangi dengan Emosiaonal Questions, Intelektual Questions and Spiritual Questions.
8.      Jadilah Disipliner sejati

Nah menurut gue... ciri-ciri orang sukses itu udah mulai keliatan didiri kita masing-masing. Nah!! Sekarang, apa kita udah bisa liat ciri-ciri itu pada diri kita sendiri atau orang lain disekitar kita kayak best friend gitu lah..
Biasanya ciri-ciri orang-orang yang bakal sukses dimasa akan datang menurut pengalaman dan tentunya cerita sari orang-orang yang udah sukses tentunya ada beberapa sich.. mau tau?
      Okey deh... kayaknya uda gak sabar nich nungguin gue nulis ciri-cirinya... tapi sebelum masuk topik utama tentang ciri-ciri orang sukses mending kita bahasa dulu ciri-ciri orang yang bakal (boleh dibilang alhamdulillah) gak bisa sukses.
Pertama, orang yang bakal gak  sukses dimasa akan datang itu orang yang nyimpan sifat “LALAI”  (bagusnya nyimpen duit jadi bisa lebih berguna betool gak). Lalai itu banyak bentuknya yang paling penting yaitu WAKTU. Loe pada tau kan, waktu gak bisa diulang bahkan diperbaiki atau dibayar pada waktu yang lain dalam bahasa yang lebih sederhananya WAKTU itu seperti sabun yang di masukan dalam air panas. Hehehe malah lebih ribet yea?  LALAI itu ibarat air panas yang ngilangin sabun, jadi sia-sia kan sabunnya?
KEDUA, orang MALES. Dari namanya aja udah males yea pastilah sukses juga males datengin kekehidupan yang punya sifat itu. Boro-boro dateng, liat aja ogah.
KETIGA, ANGKUH  hampir nyempetlah ma sombong tapi kalau sombong gak identik karena biasanya orang sombong karena gak kenal jadi takut dibilang over. Nah, kalau loe punya sifat angkuh karena suatu hal example loe punya skill hebat dalam bidang lapangan. Lalau, siapa yang bakal make loe wat jadi pegawai karyawan lah yang lebih sederhana gitu. Kecuali nyokap bokap loe pengusaha yea, it’s no problem tapi tetep ajagak bakal sukses. Toh, orang juga gak mau kerjasama ma orang angkuh bahasa modernnya bilang AROGAN dalam bahasa jerman sich “DUMEH”.
 Kayak nya itu aja deh karakteristik orang yang alhamdullilah gak bakal sukses-sukses. Soalnya tiga sifat itu biasanya lebih mendominasi dan deket sama orang yang gak sukses kalau gak mau dibilang GAGAL.
So, nandain orang yang bakal sukses (BALON SES) gampang. Ni caranya :
1.  Biasanya selalu aktif tentu dalam hal positif kalau mau yang negatif juga bisa tapi kategori suksesnya berbeda
2.   Iri kalau liat orang lebih baik dari dirinya sendiri. Tentu melalui persaingan yang FAIR donk. umumnya iri pada dirinya menimbulkan  S.E.M.A.N.G.A.T bukan kebencian dan perselisihan
3.      Disipliner sejati. Tau kan disiplin itu kayak gimana? Disiplin dalam segala hal
4.      Biasanya selalu melakukan aktivitas yang dimulai dengan PERENCANAAN. Soalnya tanpa rencana biasanya orang yang bakal sukses itu gak bisa ngelaluin sesuatu bahkan cendrung keliatan kayak orang BEGOK
5. Terus gimana sama sifat “ RAPIH, BERSIH, PEKERJA KERAS, PANTANG NYERAH, PINTER, RAJIN ?  bisanya kalau udah punya ke-4 sifat diatas pastinya juga punya sifat pada point ke-5 ini. Tapi kalau Cuma punya sifat “point ke-5 aja” belum bisa dikategorikan dalam golongan BALON SES.

Udah ngantuk nih, Dr. Nurwansyah... tidur dulu ea,,, laen waktu akan saya munculkan cerita menarik lainnya...
Moga bisa membantu!!!!!!!!!!!!!!!!



Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?