Rabu, 01 Desember 2010

tanpa judul


            Respon akan muncul karena adanya perlakuan. Sebab dan akibat merupakan wahana dan kazanah yang perlu di aplikasikan dalam kehidupan guna memperoleh respon yang baik dan bermanfaat.
          Apa kaitan aplikasi sebab dan akibat dengan respon?
1.    Menghargai orang lain baik yang lebih tua, muda  maupun sebaya. Akibatnya kita juga akan dihargai orang lain baik yang lebih tua,muda ataupun sebaya.nah,, dimana letak respon tersebut? Letaknya ada pada pengahargaan yang diberikan orang lain kepada kita. Orang mengahargai kita karena  mereka  merespon sikap kita terhadap mereka, yaitu menghargai mereka. Boleh dikatakan itu adalah sebuah kilas balik yang kita peroleh dari apa aygn kita lakukan.
2.  Menghabisi komposisi ekosistem baik seluruhnya, muapun hanya sebagian kecil. Akibatnya muncullah bencana ekosistem. Apa saja jenis-jenis bencana ekosistem tersebut?
a. Bencana alam karena hilangnya sebagian besar atau seluruh komponen ekosistem penyusun alam seperti pohon pada ludes karena penebangan liar, alih fungsi lahan dengan alasan yagn tidak begitu masuk akal atau sekedar akal-akalan orang-orang besar demi sesuap nasi untuk diri dan kelurganya serta kolega-koleganya.
b.  Munculnya hama dan penyakit baru pada bidang pertanian. Hal ini terjadi karena hilangnya beberapa komponen-komponen serta rantai makanan yang telah terstruktur dengan alami sehingga hama dan vektor-vektor penyakit melakukan adaptasi terhadap lingkungan yang telah berubah dengan ekosistem monokultur yang telah termodifikasi dengan memanfaatkan ekosistem baru tersebut untuk mempertahankan hidup dan populasinya.
c. Bencana teknologi modern. Bencana ini meliputi munculnya persaingan-persaingan dalam teknologi yang berdampak terhadap lingkungan. Munculnya dampak terhadap alam karena adanya efek samping dari penggunaan teknologi itu sendiri. Apa teknologi dan efek sampaingnya? Tentu kita sudah memikirkan teknologi modern yang kita gunakan dan apa efek samping dari penggunaan teknologi tersebut?
Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengahasilkan respon yang baik?
1.     Pahami dan aplikasikan sebab dan akibat.dah,itu aja cukup. Jika bisa menguasai, apilaksikalah untuk hal-hal yang baik karena itu lebih baik dari dari bagimu, agamamu, keluargamu, kolegamu, serta alam tempat kamu hidup....
Kata kuncinya adalah : sebab akibat, baik itu indah dan seni yang tak ternilai harganya..


                 Salam persahabatan dan kedamaian untuk kita semua
                             Tanpa perbedaan ras, suku, agama, dll

                                      Nurwansyah75@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

bagaimana pendapat anda mengenai blog ini?